Selamat Datang di Modal Smartphone yang Menyajikan Informasi Seputar Teknologi - Komputer - Cryptocurrency - Airdrop - dan Segala Macam Cara Mendapatkan Uang dari Internet - cp: perdz@technologist.com
Posted by : Modal Smartphone Senin, 27 Juli 2020

Assalamualaikum Wr. Wb

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi kisah tentang pengalaman mencari kerja saya yang membawa petaka beberapa bulan lalu, awalnya saya tiak ingin membuat postingan ini, namun karena baru-baru ini sepupu saya juga mengalami hal yang sama maka saya putuskan untuk berbagi pengalaman agar tidak ada yang menjadi korban.

Bulan oktober tahun 2019 adalah tahun bahagiaku, setelah 5 tahun menjalani pendidikan di perguruan tinggi, ya memang sedikit telat. Tapi bagiku sekripsi yang baik adalah yang selesai, terlepas dari berapa lama waktu pengerjaannya, karena tiap orang memiliki kapasitas dan kesibukan yang berbeda-beda.

Oke lanjut, jadi sebagaimana fresh graduate lainnya, sama mengisi hari-hari setelah wisuda dengan mencari berbagai lowongan pekerjaan. Saat itu saya fokus mencari di LinkedIn karena saya anggap disana tempat yang tepat, saya mulai memoles akun saya semenarik mungkin dengan memperbarui CV karena baru saja mendapatkan gelar yang selama ini saya perjuangkan.

q2b4x2.png
Singkat cerita, setelah berselancar di LinkedIn beberapa waktu, ada pekerjaan yang direkomendasikan untukku yang mengatasnamakan PT.Antam, awalnya sih aku tidak curiga itu merupakan penipuan, karena pekerjaan tersebut di posting menggunakan akun verified yang telah diikuti 46.000 pengguna LinkedIn. Iseng-iseng aku coba mengirimkan CV dan biodata, disitu aku sempat curiga, karena link yang di berikat tidak mengarah ke website resmi, malah mengarah ke google form. Wah tidak meyakinkan ini, gumamku.

Setelah menunggu beberapa hari pengumuman kelulusan pun dikirimkan melalui email, keanehan kedua mulai muncul setelah aku melihat email yang digunakan sangat tidak profesional, hanya menggunakan email GMAIL, sangat tidak mungkin perusahaan sebesar Antam menggunakan email gratisan untuk perekrutan. Kalian bisa liat pada gambar dibbawah ini.
l59k7r.png

Setelah menerima email tersebut, aku sudah memantapkan diri bahwa ini memang penipuan. Tapi aku tidak langsung menutup laman emailku, aku lihat lebih dalam penipuan terstruktur ini. Lalu aku mencoba membuka lampiran surat yang dikirimkan, kecurigaan ketiga muncul disini setelah aku melihat alamat penulisan nama jalan yang menggunakan huruf awalan kecil semua, selama kuliah memang aku sering ikut organisasi dan sering membuat surat-menyurat jadi ketika muncul keanehan ini mataku seolah langsung menvonis tulisan itu salah. Bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini
al2mok.png

Nah, tak cukup hanya sampai disitu, aku mulai mencari keanehan-keanehan lainnya untuk makin memantapkan diri bahwa ini hanya penipuan, walaupun logika aku udah menganggap ini penipuan semenjak mengisi formulis google. Makin aku scrol kursor kebawah keanehan-keanehan lain muncul, kenaehannya berupa foto salah seoranng petinggi yang disisipkan disamping tanda tangan, seolah untuk meyakinkan penerima email bahwa surat ini resmi, malah bagiku jatuhnya terlalu lebay untuk meyakinkan.
f4zv0k.png

Lalu, walaupun sudah sangat yakin ini perekrutan palsu, tapi seolah jemariku ingin mengupas lebih lanjut kebawahnya lagi. Dan yang terjadi adalah aku menemukan laman syarat dan ketentuan peserta yang meminta peserta melakukan reservasi atau pemesanan tiket untuk ke Jakarta pada agent yang mereka tentukan, agent perjalanan tersebut merupakan agent perjalanan yang telah memeiliki reputasi cukup baik di Indonesia. Dengan iming-iming semua biaya akan dikembalikan saat wawancara nanti. Mau ketawa sih sambil mikir 'kok ada manusia yang mencari uang segitunya, mendingan belajar carding lah yang udah jelas-jelas nyuri, dari pada berpura-pura jadi punya perusahaan'. pikurku gitu.

Setelah membaca surat secara menyeluruh, aku mencoba mengkonfirmasi kepada pihak Antam langsung dengan email resmi mereka, bukan untuk meyakinkan diri sekali lagi, hanya berniat melaporkan agar mereka tau bahwa perusahaan mereka di catutkan namanya untuk perekrutan palsu. Berikut isi email balasan dari pihak Antam
g4stph.png

Selain itu juga ada salah satu orang yang mengaku korban, yang mengirim email ke semua peserta yang namanya di catutkan sebagai yang lulus. Yang rupanya telah sadar bahwa ini hanya perekrutan palsu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, berikut isi emailnya.
w4ukpa.png

Saya pribadi merasa bersyukur mengetahui lebih dini bahwa ini hanya penipuan, sehingga tidak terjadi kerugian secara materi, dan ini saya jadikan pelajaran buat saya dan orang terdekat saya. Dan saya niatkan menulis ini untuk mengedukasi teman-teman melalui pengalaman berharga ini. Oya, sehari setelah email penipuan itu masuk, saya menerima email tentang pekerjaan penelitian yang didanai oleh Bloomberg yang saya rasa adalah hikmah dari kasus ini, Allah memang maha adil, mendatangkan rezeki dari cara yang tidak kita duga-duga.

Baiklah, semoga postingan ini bermanfaat, dan dapat menjadi pelajaran terbaik bagi saya dan dapat menjadi bahan bacaan untuk terhindar dari penipuan berkedok perekrutan pegawai. Jika ada kritik, saran dan masukan. Silahkan coret-coret dikolom komentar.
Wassalam

{ 7 komentar... read them below or Comment }

  1. To learn much more about CMHC insurance and how it is calculated, check out our. mortgage calculator Bond market manipulation by central banks have along with hot money from China promoting real estate bubbles in. canada mortgage calculator

    BalasHapus
  2. I like the helpful information you provide in your articles. I’ll bookmark your blog and check again here frequently. 카지노사이트

    BalasHapus
  3. Nice post. I learn something totally new and challenging on blogs I stumble upon everyday. 바카라사이트인포

    BalasHapus
  4. Thanks for one’s marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it. 카지노사이트

    BalasHapus

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Modal Smartphone -Perdz Cyber- Powered by Blogger - Designed by Perdzcyber -